-->
  • Jelajahi

    Copyright © PARADIGM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Filsafat Umum (Akal Dan Hati Sejak Thales Sampai Capra) Bag-I

    Kusnadiaal
    Senin, 11 Mei 2020, Senin, Mei 11, 2020 WIB Last Updated 2020-05-10T16:16:26Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    dokpri

    Konon, orang yang mula-mula sekali menggunakan akal secara serius adalah orang Yunani yang bernama Thales (Kira-kira tahun 624-546 SM). Orang inilah yang digelari Bapak Filsafat.

    Gelar itu diberikan kepadanya karena ia mengajujan pertanyaan yang aneh, yaitu: Apakah sebenarnya bahan alam semesta ini? Ia sendiri menjawab air. Setelah itu silih berganti filosof sezamannya dan sesudahnya mengajukan jawabannya. Semakin lama persoalan yang dipikirkan oleh manusia semakin luas, dan semakin rumit pula pemecahannya.
    Baca juga : Eksistensi Cinta Menurut Jean Paul Sartre
    Buah pikiran-yaitu hasil kerja akal- yang mulai mengagetkan manusia awam barangkali pertama kali dilontarkan oleh Heraclitus yang hidup sekitar tahun 500-an SM, yaitu ia berkata bahwa sesungguhnya yang sungguh-sungguh ada, yang hakikat, ialah gerak dan perubahan. Jadi, bila orang awam melihat patung dinihari yang diam, sesungguhnya patung itu bergerak dan berubah terus; demikian Heraclitus.
    Tonton Vidionya di : Filsafat Umum part-1
    Indera kitalah yang tertipu atau yang menipu. Kemudian filosof lain, orang Yunani juga, berhasil menyusun argumentasi untuk membuktikan sebaliknya yang hakikat, yang sungguh-sungguh ada, ialah diam, tetap, tak berubah, tak bergerak. Kalau kita melihat anak panah yang meluncur dari busurnya- jadi bergerak- sesungguhnya anak panah itu dapat dibuktikan oleh Paramides tidak bergerak alias diam.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +