-->
  • Jelajahi

    Copyright © PARADIGM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Berawal Dari Hobi, Kini Jadi Bisnis Ikan Cupang

    Kusnadiaal
    Minggu, 28 Juni 2020, Minggu, Juni 28, 2020 WIB Last Updated 2020-06-28T07:45:24Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    foto :@master_bettacupang

    Budidaya ikan hias jenis cupang diyakini bisa jadi primadona. Selain karena keindahanya, juga mampu meraup keuntungan bagi pembudidaya ikan hias jenis ini.

    Budidaya ikan cupang sangatlah mudah. Dari bahan sederhana baskom yang diisi air serta daun ketapang sebagai media telur, setelah itu dikawinkan antara jantan dan betina.

    Kusnadi, pemuda asal Cipeundeuy Subang ini baru beberapa bulan melakoni budidaya cupang. Bagi Kusnadi, pemuda 23 Tahun ini, menjalankan budidaya cupang merupakan sebuah hobi. Terlebih berawal dari otodidak di konten youtube serta sharing dengan penghobi cupang lain, akhirnya Kusnadi memutuskan untuk budidaya cupang serta merambah ke bisnis melalui online maupun offline.


    "Sudah satu tahun lebih miara ikan cupang, cuma untuk fokus budidaya sama penjualan baru sekitar empat bulan kebelakang. Awalnya iseng tapi memang hobi, otodidak dari konten youtube ternyata bisa merambah ke bisnis baik online maupun offline," ungkap Kusnadi.

    Untuk mendapatkan hasil budidaya cupang yang baik, tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kejelian serta ketelatenan, penting juga jenis pakan dan cuaca sangat mendukung kesuksesan budidaya cupang.

    "Yang membedakan jenis pakan ada jentik, kutu air, sama pelet, untuk cuaca terbaik matahari pagi bagi ikan cenderung sehat sekaligus mutasi warna bagus. Sedangkan cuaca dingin cenderung terkena white spotted atau jamur," papar pemuda asal Cipeundeuy ini.

    Tak hanya sekadar hobi saja, berkat ketelatenan selama ini. Kusnadi kini mampu meraup omzet ratusan ribu per minggu.


    Diketahui dari hasil penjualan cupang baik satuan maupun partaian pemasarannya pun tak main-main dalam kota saja, namun juga pengiriman untuk luar kota seperti Purwakarta, Bandung maupun Sukabumi juga kerap mengintai budidaya cupang miliknya.

    "Alhamdulillah bisa online maupun offline untuk pemasaran, lebih sering masih di sekitaran Subang dan Purwakarta. Untuk satuan harganya mulai dari Rp5 ribu hingga Rp150 ribu," kata Pemuda 23 tahun ini.

    (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +