-->
  • Jelajahi

    Copyright © PARADIGM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Strukturasi Dalam Perspektif Sosiologi Giddens

    Kusnadiaal
    Selasa, 21 April 2020, Selasa, April 21, 2020 WIB Last Updated 2020-04-21T13:16:34Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini



    "Identitas seseorang tidak dapat ditemukan dalam perilaku ... tetapi dalam kapasitas untuk menjaga narasi tertentu tetap berjalan,"-Anthony Giddens

    Anthony Giddens adalah seorang sosiolog Inggris yang terkenal dengan teori struktural dan pandangan menyeluruh tentang masyarakat modern. Ia dianggap sebagai salahsatu kontributor sosiologi modern.

    Teori strukturasi yang dibangun oleh Anthony Giddens berlandaskan kritik atas dua kutub aliran dalam sosiologi, terutama terkait dengan pemahaman atas struktur dan tindakan ( aksi ) manusia. Dalam bagian pendahuluan Konstitusi Masyarakat, Giddens merujuk pada kedua kutub yang ekstrim yang mengharuskan alpa dalam melihat perbedaan antara struktur dan tindakan manusia.

    Fungsionalisme, naturalisme, dan strukturalisme yang berada di satu kutub mengambil dua ilham penting dari ilmu biologi tentang konseptualisasi struktur dan berfungsinya sistem sosial serta analisis proses analisis melalui koneksi adaptasi. Ringkasnya, struktur yang mempertimbangkan memiliki posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tindakan manusia.

    Gagasan baru muncul dalam sosiologi pada tanggal 1960an dan 1970an (Kerapkali disebut lingustic turn) berada di kutub lainnya. Beberapa jenis aliran yang masuk dalam kutub ini adalah hermeneutika, interaksionisme simbolik, dan aliran lainnya yang masuk dalam kategori sosiologi interpretif.

    Kritik atas interaksionisme simbolik disampaikan terkait dengan pengabaian atas struktur sosial dan sikap meremehkan kekuatan motivasional individu; Teori peran yang dipertimbangkan sebagai sebuah konsep yang diberikan tentang normatif mengenai aktor yang menerima tugas yang diberikan. Singkatnya, kutub ini menempatkan tindakan manusia dalam posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan struktur sosial.

    Alih-alih harus disetujui atau disetujui sepenuhnya-ditentukan yang ditentukan oleh dua kutub tersebut, Giddens berusaha untuk “menempatkan dan mengakhiri setiap upaya pembangunan kekaisaran ini” melalui pembentukan teori strukturasi. Menurutnya, domain dari “sosial bukanlah pengalaman aktor individu, atau keberadaan segala bentuk totalitas sosial, tetapi praktik sosial yang diatur melintasi ruang dan waktu.” Implikasinya, ilmu sosial tidak bisa berdiri sendiri, tetapi harus dikembangkan dari dua ilmu lain yaitu geografi (ruang) dan sejarah (waktu).

    Struktur dan Strukturasi

    Giddens menentukan struktur sebagai sumber dan sumber daya yang digunakan oleh agen dalam interaksi. Aturan adalah prosedur yang digeneralisasi dan diproses yang diminta oleh agen reflektif dalam “stok pengetahuan” yang impilisit dan digunakan sebagai formula untuk tindakan dalam sistem sosial. Struktur juga menggunakan sumber daya yang terdiri dari peralatan material dan kapasitas organisasional. Sumber daya merupakan hasil dari penguasaan peralatan material dan organisasi dan mereka yang memiliki sumber daya dapat memobilisasi kekuasaan.

    Sepintas lalu, konsep struktur yang diajukan Giddens mirip dengan pandangan kubu yang mengatur struktur di atas aktor individu. Perbedaan terletak pada pemahaman tentang dualitas struktur. Dualitas berbeda dengan dualisme yang mengandaikan bahwa aktor terpisah dengan struktur. Dalam struktur kualitas, Giddens mempertimbangkan struktur bukan hanya medium, tetapi juga hasil dari tingkah laku (perilaku) yang diorganisasikan secara berulang. Dengan kata lain, struktur bukan hanya memandu tindakan tetapi juga merupakan hasil dari agen dalam proses produksi dan proses sistem sosial.

    Guna menjelaskan bagaimana proses struktur berlangsung dalam masyarakat, Giddens mengajukan berbagai konsep turunan dari struktur seperti prinsip-prinsip struktural, set strutural, dan sebagainya, memahami dan menyelesaikan berbagai konsep yang dapat dibahas oleh diagram di bawah ini :


    Bagan Strukturasi

    Agen dan Agensi

    Giddens menyebut itu usahanya membangun teori, susunan yang digambarkan oleh Karl Marx dalam 18 Brumaire dari Louis Bonaparte yang menyebut itu "Pria (mari kita langsung mengatakan manusia membuat sejarah, tetapi tidak dalam keadaan yang mereka pilih sendiri." tersebut, pertama-tama Giddens menjelaskan konsep Agen dan Agen sebagai elemen pertama dari teori strukturasi.

    Tidak ada resolusi yang dijelaskan tentang agen konsep dan agensi yang diberikan Giddens. Sementara penggunaan kata agen dan aktor kerapkali saling tumpang tindih (misalnya dalam model stratifikasi akting diri dan model stratifikasi agen). Namun, jika membahas tentang tujuan teori strukturasi yang telah disebut di atas, dapat disimpulkan bahwa agen adalah individu yang melakukan 'praktik sosial yang diatur melintasi ruang dan waktu' .

    Asumsi utama yang diminta Giddens atas konsep agen diambil dari sosiologi interpretif, terkait kemampuan manusia untuk memahami dan kemampuan tersebut dalam mengambil tindakan. Menurutnya, 'menjadi manusia' adalah menjadi agen yang memiliki tujuan yang tidak hanya memiliki alasan logis untuk tindakannya, tetapi juga mampu melakukan elaborasi diskursif atas alasan-alasan tersebut. Lebih jauh, Giddens menyebutkan bahwa pengetahuan memiliki bentuk reflektif yang merupakan bagian penting dari kegiatan sosial yang berulang.

    Dalam melakukan tindakan sosial, agen selalu melakukan pengamatan reflektif (pemantauan refleksif). Giddens sebut sebagai karakter purposif dari tindak-tanduk manusia. Melalui refleksi reflektif, agen tidak hanya bergantung pada struktur, tetapi juga mempengaruhi struktur. Dalam mengalihkan reflektif, tindakan bebas untaian tindakan (prilaku) yang memiliki cirinya masing-masing atau agregat dari tujuan, tetapi proses yang terus berlanjut.

    Tindakan manusia dikerangkai oleh beberapa elemen yang disebut Giddens sebagai model stratifikasi . Model tersebut diajukan sebagai usaha konseptualisasi agensi manusia. Dalam model tersebut didorongkan tiga lapis kognisi/motivasi. Pertama , kesadaran diskursif atau kapasitas agen untuk merasionalisasi dan memberikan alasan atas tingkah lakunya. Kedua, kesadaran praktis atau apa yang disampaikan agen karena kondisi sosial dan tidak bisa disampaikan oleh agen secara diskursif. Kesadaran praktis digunakan agen untuk menyesuaikan diri dengan melawan tertentu dan menfsirkan tingkah laku aktor lain.

    Namun, tindakan manusia tidak hanya dipandu oleh elemen sadar, tetapi juga elemen tidak sadar yang dikategorikan Giddens sebagai lapis motivasi. Lapis ini terkait dengan harapan apa yang terjadi di dunia ini terjadi apa adanya (seperti yang tampak). Elemen tidak sadar ini mempertimbangkan kebutuhan agen atas keamanan ontologis yang timbul dari kebutuhan akan sebentuk kepercayaan. Tanpa elemen ini, manusia akan mengubah kegelisahan akut karena mereka tidak memiliki identitas sosial. Hal yang perlu dicermati adalah elemen ini merupakan hasil dari regionalisasi dan rutinisasi struktur yang merupakan hasil dari penggunaan aturan dan sumber daya di masa lalu. Dari penjelasan panjang lebar tersebut, penataan hubungan sosial lintas waktu dan ruang, berdasarkan dualitas struktur.

    Rujukan :
    Giddens, Anthony (1984). "Konstitusi Masyarakat: Garis Besar Teori Strukturisasi".

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +